Kamis, 05 Agustus 2010

PERADABAN KUNO ASIA BARAT ( MESOPOTAMIA )

PERADABAN KUNO ASIA BARAT
( MESOPOTAMIA )

Asia Barat merupakan bagian wilayah dari Benua Asia yang terkenal dengan julukan “ Timur Tengah ”. Timur Tengah kuno merupakan daerah besar yang terdiri dari tiga daerah penting, yaitu Mesopotamia, Suriah-Palestina dan Mesir. Pada umumnya Negara-negara yang terletak di Asia Barat adalah Negara yang memiliki sejarah dan latar belakang sebagai bangsa Arab karena diperkirakan para leluhur dari bangsa timur tengah ( Sumeria, Akadia, Babilonia, Assyria, Kaldea, Ameria, Phoenesia, Ibrani, Arab, dan Abissina ) pernah hidup bersama sebagai satu bangsa pada satu tempat dan masa tertentu.
Bangsa Arab merupakan pewaris peradaban kuno yang berkembang pesat di tepi sungai Eufrat dan Tigris di daerah Mesopotamia ( Teluk persia yang membentang ke arah barat laut meliputi Irak, sebagian kecil dari Iran, Suriah, dan Lebanon ) dengan sebutan “ The Fertil Cresent Moon “. Bangsa Timur Tengah dikatakan sebagai sebagai bangsa penakluk dunia karena bangsa ini merupakan penghasil peradaban umat manusia yang pertama didunia. Salah satu contohnya adalah Peradaban Mesopotamia kuno yang mendominasi peradaban lain pada zamannya.
Pusat peradaban kuno Mesopotamia ( yang kini menjadi Republik Irak ) menjadi pusat perhatian dunia karena diyakini sebagai peradaban tertua didunia oleh bangsa Sumeria yang membangun kota kuno seperti Ur,Kish,Ereck,dll. Selain itu bangsa sumeria merupakan bangsa yang pertama kali menciptakan tulisan paku ( cunei form ) serta mengenal gandum dan roda. Telah diketahui bahwa letak Mesopotamia sangat strategis dan berpotensi dari segi geografisnya hingga mengundang bangsa-bangsa lain untuk menghampirinya. Pada masa itu terjadi banyak Akulturasi yang dilakukan oleh bangsa Sumeria dan Akadia di berbagai bidang baik itu dibidang pertanian,irigasi dan sebagainya.
Peradaban-peradaban yang dihasilkan sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari sampai saat ini misalnya; perhitungan matematika kalau 1 menit itu 60 detik , 1 hari sama dengan 24 jam dan seterusnya ( perhitungan tersebut dihasilkan oleh bangsa Babilon dan Sumeria). Selain itu juga terdapat Hukum Hamurabi yang diciptakan oleh bangsa Babilonia yang manfaatnya dapat kita petik saat ini , yakni untuk membatasi tingkah laku manusia dan memberi sanksi bagi pelaku pelanggaran dan saat ini dikembangkan dan dikenal dalam dunia hukum. Babilonia ( ibukota Bagdad ) artinya menuju gerbang tuhan disana terdapat dua peradaban yang dikatakan sebagai pusat keindahan kota yaitu menara Babel yang tingginya 90m dan taman gantung. Selain itu Babilonia mewarisi peradaban dalam bidang filsafat dan pemerintahan. Beda halnya dengan peninggalan bangsa Assyria pada masa pemerintahan Assurbanipal yang meninggalkan 220.000 lempeng tanah liat dan tablet yang didalamnya terdapat tulisan mengenai sastra,sejarah,keagaamaan,filsafat,matematika dan kamus yang sekarang terdapat diperpustakaan diNiVeveh. Adapun bangsa kaldea yang mempelajari Astrologi dan astronomi serta ilmu perbintangan, meramal nasib, melihat waktu pada jam air ( water clock) dan sundial ( jam matahari).
Mesopotamia merupakan pusat penghasil peradaban yang tidak dapat dihapus dalam sejarah perkembangan dunia karena perkembangan dan kemajuan yang diperoleh umat manusia sampai saat ini adalah warisan dari peradaban Mesopotamia. Maka itu apabila kita membahas Asia Barat maka kita tidak terlepas dari peradaban Mesopotamia. Apabila terdapat suatu pertanyaan mengapa kebudayaan yang ada pada Negara-asia barat dapat mempengaruhi perkembangan Negara Indonesia? Jawabannya ada apabila saudara sudah membaca teks ini.

Oleh : Merlina Agustina Orllanda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar