Kamis, 05 Agustus 2010

HASIL DARI PERDADABAN KUNO YANG BERKEMBANG PESAT

Nama : Merlina Agustina Orllanda
Npm : 180310080026

HASIL DARI PERDADABAN KUNO YANG BERKEMBANG PESAT
Mesopotamia merupakan pusat penghasil peradaban yang tidak dapat dihapus dalam sejarah perkembangan dunia karena perkembangan dan kemajuan yang diperoleh umat manusia sampai saat ini adalah warisan dari Peradaban Mesopotamia. Maka itu apabila kita membahas Asia Barat maka kita tidak terlepas dari peradaban Mesopotamia. menurut Peta Sejarah Mesopotamia terletak daerah sungai Eufrat dan Tigris yang terbentang dari pegunungan Armenia hingga ke Bagdad ( Teluk persia yang membentang ke arah barat laut meliputi Irak, sebagian kecil dari Iran, Suriah, dan Lebanon ) yang terkenal dengan sebutan “ The Fertil Cresent Moon “.. Peradaban-peradaban tersebut tentunya tidak terlepas dari Bangsa Timur Tengah yang dikatakan sebagai Bangsa Penakluk Dunia karena bangsa ini merupakan penghasil peradaban umat manusia yang pertama didunia yang dulunya pernah mendiami wilayah tersebut. Bangsa-bangsa tersebut antara lain, Bangsa Sumeria, Akadia, Babilonia, Assyria, dan Babilonia Baru.
Bangsa Sumeria adalah Bangsa yang pertama kali menghuni wilayah Mesopotamia yang subur dan akan kekayaan alam. Maka itu daerah yang subur bagai bulan sabit tersebut dimanfaatkan oleh Bangsa Sumeria untuk lahan pertanian, sehingga dengan adanya kegiatan bertani tersebut muncullah peradaban dalam pertanian seperti cara mengolah hasil panen , membuat saluran irigasi, cara mengatasi banjir, dan sebagainya. Selain itu Bangsa Sumeria menghasilkan kebudayaan Berternak, membuat kain lena, dan dari segi kepercayaan Bangsa Sumeria menganut ajaran Politeisme.
Setelah Bangsa Sumeria muncullah Bangsa Akadia yang merebut wilayah kekuasaan dari Bangsa Sumeria, kemudian muncullah Bangsa Babilonia yang mengambil alih kekuasaan tersebut kemudian menyebarkan pengaruh Hukum dan Undang-Undang. Saat Bangsa Babilonia runtuh masih ada Bangsa Babilonia Baru yang sempat berada dalam kepemimpinan Alexander Agung. Kemudian dilanjutkan oleh kekuasaan Bangsa Assyria yang terkenal dengan julukan Bangsa Penakluk ( hal tersebut karena Bangsa Assyria terkenal hebat dalam berperang ), selain bangsa- bangsa diatas ada pula bangsa yang terkenal dengan nama Bangsa Persia ( yaitu Iran ). Sebenarnya Iran bukan merupakan lembah sungai melainkan sebuah Dataran tinggi hanya saja penduduk asli Asia Tengah pernah berasimilasi dengan Bangsa Arya . Bangsa Persia terkenal dengan Keyakinan menyembah Dewa dan dari segi pemerintahannya ada masa itu Bangsa Persia mampu menandingi kerajaan-kerajaan yang ada di lembah sungai Eufrat dan Tigris.
Peradaban-peradaban yang dihasilkan sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari sampai saat ini misalnya; perhitungan matematika kalau 1 menit itu 60 detik , 1 hari sama dengan 24 jam dan seterusnya ( perhitungan tersebut dihasilkan oleh bangsa Babilon dan Sumeria). Selain itu juga terdapat Hukum Hamurabi yang diciptakan oleh bangsa Babilonia yang manfaatnya dapat kita petik saat ini , yakni untuk membatasi tingkah laku manusia dan memberi sanksi bagi pelaku pelanggaran dan saat ini dikembangkan dan dikenal dalam dunia hukum. Babilonia ( ibukota Bagdad ) artinya menuju gerbang tuhan disana terdapat dua peradaban yang dikatakan sebagai pusat keindahan kota yaitu menara Babel yang tingginya 90m dan taman gantung. Selain itu Babilonia mewarisi peradaban dalam bidang filsafat dan pemerintahan. Beda halnya dengan peninggalan bangsa Assyria pada masa pemerintahan Assurbanipal yang meninggalkan 220.000 lempeng tanah liat dan tablet yang didalamnya terdapat tulisan sastra,sejarah,keagaamaan,filsafat,matematika dan kamus yang sekarang terdapat diperpustakaan diNiVeveh. Adapun bangsa kaldea yang mempelajari Astrologi dan astronomi serta ilmu perbintangan, meramal nasib, melihat waktu pada jam air ( water clock) dan sundial ( jam matahari).
Semua yang dihasilkan oleh Peradaban Kuno sampai saat ini masih terus digunakan dan telah mengalami berbagai proses penyempurnaan yang amat panjang hingga mencapai perkembangan yang pesat seperti sekarang ini. Selain itu hasil dari adanya Peradaban Kuno telah banyak memberikan manfaat serta sistem mengenai cara dan pola mengatasi kehidupan bagi masyarakat banyak di seluruh dunia

1 komentar:

  1. ada peta pusat-pusat peradaban lembah sungai eufrat dan tigris tidak ya?

    BalasHapus